IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES COOPERATIVE LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENTS SMP NEGERI 10 SERANG CITY

Authors

  • lanjar SMPN 10 Serang

DOI:

https://doi.org/10.59605/274z5615

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif , Tipe TGT

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Materi Perubahan Sosial Budaya Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Siswa Kelas IX-H SMPN 10 Kota Serang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan  hasil  penelitian  tindakan  bahwa  Pembelajaran  Kooperatif  Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya Siswa Kelas IX-H SMPN 10 Kota Serang. Selanjutnya   peneliti   merekomendasikan:   (1)   Bagi  Guru   yang   mendapatan kesulitan  yang  sama  dapat  menerapkan  Pembelajaran  Kooperatif  Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) yang lebih menarik dan bervariasi.

References

Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

--------------.2005. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.

Jakarta: Depdiknas

-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.

Kemdiknas.2011.Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdiknas

-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Kemdiknas

Ngalim, Purwanto. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Ngalim, Purwanto. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Suyatno. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Surakarta: Tiga Serangka

Downloads

Published

2023-11-02

Issue

Section

Articles