PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

Authors

  • Siti Sadiah Universitas Primagraha
  • Anna Maria Oktaviani Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/jpc.v4i2.539

Keywords:

Lingkungan Sekitar, Media Pembelajaran, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tinjauan literatur yang menyelidiki sumber belajar khususnya lingkungan sebagai media pembelajaran bagi siswa  sekolah dasar. Lingkungan merupakan objek pembelajaran yang nyata dan dapat langsung dimanfaatkan oleh siswa. Menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar akan membantu dalam meningkatkan kualitas belajar siswa dalam proses mempelajari sesuatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media lingkungan sebagai sumber belajar dengan siswa yang menggunakan metode ceramah serta menggambarkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penggunaan media lingkungan diharapkan dapat mendukung interaksi antara siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan bahan belajar yang diperoleh dari lingkungan sekitar, siswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Keterkaitan antara pembelajaran dengan konteks nyata di lingkungan sekitar cocok untuk dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran yang tepat karena dapat membuat siswa lebih aktif dan mudah mencerna informasi yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa. Sehingga, berdasarkan hasil penelitian, memanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

References

Chrislando, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 15(1), 1-7.

Erviana, l. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan sebagai Sarana Pratikum IPA. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 71-77.

Khasanah, N. (2018). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 664-673.

Kosasih. (2014). Pemanfaatan Lingkungan Alam, Sosial, dan Budaya sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 20(3), 123-135.

Rahmad. (2016). Peran Fundamental IPS dalam Mengenalkan Siswa pada Lingkungan Sosial dan Budaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 8(1), 45-57.

Sardiman, A. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanti, N. D. (2013). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar dengan Tema Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1-11.

Susanto. (2014). Tujuan Pembelajaran IPS: Mengembangkan Potensi Peserta Didik dalam Memahami dan Mengatasi Masalah Sosial. Jurnal Pendidikan Sosial dan Kewarganegaraan, 12(2), 12-20.

Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar (Kajian Literatur). Journal of Educational Review and Research, 3(2), 105-110.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(2), 93-100. https://doi.org/10.59605/jpc.v4i2.539