PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASIBELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Eksperimen pada siswa MTsN di Kota Serang)

Authors

  • Opan Ahmad Solihin MTsN 1 Kota Serang

Keywords:

model pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk siswa MTs. Jika memang ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan dengan model analisis treatment by level. Jenis pengujian yang digunakan adalah Anova Dua Arah. Eksperimen dilakukan pada dua kelompok/sampel dimana masing-masing kelompok diberi perlakuan (treatment) yang berbeda. Kelompok pertama diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelompok kedua diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Masing-masing kelompok dibagi lagi menjadi dua  kategori menurut jenis motivasi belajar, yaitu kelompok yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan rendah. Data tentang motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui tes terhadap responden. Tes tersebut dilakukan langsung oleh peneliti, untuk tes motivasi belajar dilaksanakan sebelum proses pembelajaran, sedangkan tes hasil belajar dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Hasil penelitian : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar PKn siswa MTsN Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,018 < 0,05 dan Fhitung = 5,966. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PKn siswa MTsN Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 25,862. 3)Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa MTsN Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 16,356.

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASIBELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Eksperimen pada siswa MTsN di Kota Serang). (2020). Jurnal Pelita Bumi Pertiwi, 1(01), 50-60. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpbp/article/view/28

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.