PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI DI SMK NASYRUL ULUM PANDEGLANG

Authors

  • Anis Boehari Universitas Primagraha
  • Muhaemin MS Universitas Primagraha

Keywords:

problem based learning (PBL), hasil belajar siswa

Abstract

Muhaemin MS. 2020. Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMK Nasyrul
Ulum Pandeglang
Pembelajaran dengan model Problem Based Learning adalah suatu model pembelajaran
dimana sebelum proses belajar mengajar di dalam kelas dimulai, siswa terlebih dahulu diminta
mengobservasi suatu fenomena. Kemudian siswa diminta untuk mencatat permasalahan yang
muncul serta mendiskusikan permasalahan dan mencari pemecahan masalah dari permasalahan
tersebut. Setelah itu, tugas guru adalah merangsang untuk berpikir kritis dan kreatif dalam
memecahkan masalah yang ada serta mengarahkan siswa untuk bertanya, membuktikan
asumsi, dan mendengarkan perspektif yang berbeda diantara mereka.
Perumusan Masalah : Agar penelitian dapat berhasil secara optimal, perlu terlebih dahulu
merumuskan masalah yang diungkapkan dalam penelitian ini dari berbagai uraian terdahulu,
maka dapat dirumuskan masalah yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah : Apakah
Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMK Nasyrul Ulum Pandeglang?
Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode pembelajaran
Problem Based Learning pada siswa kelas XI/BM dirasa dapat meningkatkan proses
pembelajaran. Di mana dapat dilihat dari peningkatan rata-rata perolehan skor dari siklus I
sebesar 55,4 dan meningkat pada siklus II sebesar 68,72 serta perolehan skor di siklus III
sebesar 78,75. Dengan demikian Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning
dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMK Nasyrul Ulum
Pandeglang.

Downloads

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI DI SMK NASYRUL ULUM PANDEGLANG. (2021). Jurnal Pelita Bumi Pertiwi, 3(03), 10-18. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpbp/article/view/174

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.