PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Aryanti Dwi Untari Universitas Primagraha

Keywords:

Peran orang tua, motivasi belajar, Pandemi covid 19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran orang tua yang kurang memotivasi anak dalam proses belajar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak saat pandemi covid 19 Kp. Margaluyu Kec. Kasemen Kota Serang Banten, hambatan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak saat pandemi covid 19, dan upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak saat pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam memotivasi belajar anak di masa pandemi covid 19 ini merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar anak. Peran orang tua dalam memotivasi belajar anak ialah sebagai panutan, pendamping, fasilitator, dan motivator. Bentuk motivasi yang diberikan orang tua kepada anak bisa berupa apresiasi (pujian, hadiah), gerak tubuh, dan punishment. Adapun hambatannya dikarenakan orang tua yang sibuk bekerja, tidak adanya fasilitas belajar yang menunjang serta kendala pada jaringan dan kuota yang terbatas. Sedangkan upaya orang tua dalam meningkatkan memotivasi belajar anak saat pandemi covid 19 ialah dengan cara mengontrol waktu belajar anak, menciptakan iklim rumah yang mendukung anak untuk belajar, menyediakan waktu untuk terlibat dalam kegiatan belajar anak, memantau perkembangan kemampuan akademik anak, perkembangan kepribadian anak, memantau efektifitas jam belajar disekolah dan memberikan penghargaan.

Downloads

Published

2022-09-22