PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP DISIPLIN SISWA (STUDY EXPOST FACTO)

PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP DISIPLIN SISWA (STUDY EXPOST FACTO)

Authors

  • Arif Rahman STKIP Pelita Pratama
  • Dewi Anggrianti STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Ekstrakurikuler pramuka, Disiplin Siswa

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan seberapa besar pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Disiplin Siswa ; (2) Untuk mengetahui apakah pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Disiplin Siswa positif atau negatif.

Objek dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X XI dan XII IPA IPS atas dasar pertimbangan (1) Kelas X XI dan XII ,mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka, hal tersebut relevan dengan peneitian ini ; (2) Pelaksanaan disiplin dilakukan dan dilaksanakan oleh seluruh siswa ; (3) Pengambilan populasi Kelas X XI dan XII sudah mempresentasikan pelaksaan Ekatrkurikuler Pramuka dan Disiplin. Berdasarkan hal tersebut jumlah populasi dalam penelitian ini sebesar 528 siswa maka peneliti menggunakan penelitian sampel dengan teknik purposive random sampling dengan perhitungan 10% dari jumlah populasi, maka didapat sampel sebesar 60 siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Disiplin Siswa memiliki korelasi dengan tingkat hubungan sedang, hal tersebut berdasarkan pengujian korelasi product moment menggunakan aplikasi SPSS dan microsoft excel diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 hal tersebut lebih kecil dari nilai signifikasi sebesar 0,05 dan diperoleh nilai person korelasi sebesar 0,494. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh positif antara Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Disiplin Siswa.

Downloads

Published

2020-12-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP DISIPLIN SISWA (STUDY EXPOST FACTO): PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP DISIPLIN SISWA (STUDY EXPOST FACTO). (2020). Jurnal Pelita Bumi Pertiwi, 1(01), 16-26. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpbp/article/view/24

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.