UPAYA PENCEGAHAN PENGGUNAAN DOPING MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN JASMANI DAN KESEHATAN (PENJASKES)

Authors

  • Fadhli Dzil Ikrom a:1:{s:5:"en_US";s:22:"Universitas Primagraha";}

Keywords:

Pembelajaran Penjaskes, Doping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam pencegahan penggunakan doping pada siswa tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan adanya penggunaan doping yang mungkin tidak disadari bahwasannya terdapat zat-zat berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan dampak negatif bila digunakan setiap hari,sering atau tidak sesuai petuunjuk dokter/ahli kesehatan.

            Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan rancangan penelitian yaitu bertujuan untuk mengetahui upaya pencegahan dalam pengunaan doping pada usia sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

            Penelitian ini dibuat guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat sosial terutama pada siswa tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi tentang dampak buruk dari penggunaan doping. Dalam tulisan ini terdapat penjelasan-penjelasan terkait doping, yang diantaranya: sejarah doping, definisi, sikap dunia terkait anti doping, zat-zat yang terdapat pada doping, upaya pencegahan penggunaan doping, dan masih banyak lagi data penjelasan lainnya. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi kalangan usia sekolah, peneliti, maupun masyarakat umum.

Downloads

Published

2022-07-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA PENCEGAHAN PENGGUNAAN DOPING MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN JASMANI DAN KESEHATAN (PENJASKES). (2022). Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan, 2(1). https://jurnal.upg.ac.id/index.php/pjkr/article/view/268