EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENJAS DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS XI SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

rohmad subagio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran e-learning masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PENJAS. Penelitian dilaksanakan di kelas XI semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang bertempat di SMA Negeri 1 Baros Kecamatan Baros Kabupaten Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara, seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini yakni penggunaan media online pada perubahan waktu pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran serta proses belajar menjadi jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas rata-rata siswa kelas XI dalam pembelajaran e-learning pada mata pelajaran PENJAS selama pandemi Covid-19 dikategorikan tetap efektif meskipun terjadi perubahan waktu pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran serta proses belajar menjadi jarak jauh.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##