IMPLEMENTASI KETERAMPILAN GERAK DASAR DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK DI TK AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Thesya Aldania
Sumaryanti
Bernadeta Suhartini

Abstract

Keterampilan gerak dasar merupakan keterampilan yang biasa siswa lakukan guna meningkatkan kualitas gerak dalam hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan gerak dasar dari siswa TK Al-Azhar Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah survey dengan jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 30 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dan teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran  untuk mengukur kemampuan anak. Teknik tes dilaksanakan dengan cara memberikan tugas kepada anak untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan keterampilan gerak dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan gerak dasar pada siswa TK Al-Azhar Bandar Lampung terdapat kategori sedang dengan skor rata-rata 44,77. Pada keterampilan gerak lokomotor diperoleh kategori tinggi dengan skor rata-rata 19,76. Sedangkan pada keterampilan gerak manipulatif diperoleh hasil dalam kategori sedang dengan skor 25. Dengan demikian keterampilan gerak dasar dalam perkembangan motoric anak dapat ditingkatkan dengan pemberian stimulasi dan latihan secara terus-menerus.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##