INCREASING STUDENT ACTIVITY AND LEARNING OUTCOMES IN ONLINE LEARNING AT SMPN 10 SERANG CITY
DOI:
https://doi.org/10.59605/0kf3sx18Keywords:
Keaktifan , Hasil Belajar Siswa , Media Video, Pembelajaran daring Covid-19Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn melalui metode pembelajaran Pemberian Tugas Dengan Media Video siswa Kelas IX A SMPN 10 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dan hipotesis dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar dapat meningkatkan dengan menggunakan metode Pemberian Tugas Dengan Media Video. Subjek yang melakukan tindakan adalah guru (peneliti) dengan guru mata pelajaran PKn sebagai (Pengamat) Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Pemberian Tugas Dengan Media Video ini ternyata lebih efektif dalam proses pembelajaran, yang ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa: 1). Penerapan pembelajaran Pemberian Tugas Dengan Media Video dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pelajaran PKn yaitu pada Pra Siklus 57,84%, Siklus I 67,88%, pada Siklus II 75,68% dari jumlah siswa 34 siswa. 2). Hasil belajar siswa meningkat ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata siswa pada Pra siklus (56,6) atau 38% siswa tuntas, Siklus I rata-rata (70,85) atau 73% dan pada Siklus II rata-rata meningkat menjadi (75,29) atau 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan metode pembelajaran Pemberian Tugas Dengan Media Video lebih memungkinkan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah.
References
Anita, Lie. 2004. Cooperative Learning Mempraktekkan di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : PT. Grasindo.
Arikunto, Suharsimi, 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jak arta : Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Kismanto, 2008. Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Pendekatan Struktural “Pemberian Tugas Dengan Media Video” pada Pembahasan Luas dan Volume Bangun Ruang Kelas X3 SMA Negeri 6 Surakarta.
Elvanah, Handini Fian. 2009. Penerapan Metode Pemberian Tugas Dengan Media Video pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi di SMP Negeri 6 Malang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FIP Universitas Negeri Malang.
Handayani, Peni. 2008. Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Pemberian Tugas Dengan Media Video dengan media LKS pada materi pokok aritmetika sosial kelas VI semester I SMP Negeri 4 Ambarawa. Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Hernawati, 2007. Penerapan Model Pembelajaran Pemberian Tugas Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI E SMP N 14 Tegal dalam Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Pemberian Tugas. Surabaya : University Press.
Jones Raymond. 2002. Strategy For Reading Comprehensin, TPS. http:curry. Edschool. Virginia. Edu/go/start/tps.html. (12 Mei 2007).
Jogiyanto, Kasihani. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang : Universitas Negeri Malang.
Rahardja, P.S Widi. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Salatiga : Universitas Kristen Satya
Wacana. 2002. Sekitar Strategi Mengajar dan Ketrampilan Mengajar. Salatiga : Universitas Kristen Satya
Wacana. 2008. Sekilas tentang Kurikulum PKn. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.
Solihani, Veny. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Pemberian Tugas Dengan Media Video untuk Meningkatkan Efektifan Pembelajaran Matematika di SMP pada Pokok Bahasan Perbandingan.http//digilib.Upi.Edu/pasca/etd
Sugino, 2009. Memahami Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Roka, Joni. 1998. Penelitian Tindakan Kelas, Konsep Dasar. Jakarta : Proyek
Pengembangan Guru Sekolah Menengah, Dikti.
Rohman, N. 1997. Konsep Dasar PTK. Bandung : IKIP Bandung.