The Effect of Picture and Picture Model on Mathematics Learning SDN Cilaku

Authors

  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • Ika Evitasari Aris Universitas Primagraha
  • Khairunnisa Rakhmah Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/jp.v2i02.527

Keywords:

Learning Model, Pictures and Pictures, Mathematics

Abstract

Model pembelajaran picture and picture merupakan suatu metode belajar yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada materi Matematika SDN CILAKU. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan menggunakan metode perbandingan. Untuk teknik pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan Berdasarkan hasil perhitungan uji validitas dari 50 soal yang telah diuji cobakan dan dikonsultasikan dengan nilai rtabel, diperoleh 30 soal yang valid berada pada kisaran nilai rhitung 0,371 sampai 0,716. Analisis dengan menggunakan uji wilcoxon di peroleh hasil bahwa pada jenjang yang paling kecil sebesar 0 sedangkan nilai pada taraf signifikansi 5% dengan N = 15 sebesar 10. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture baerpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Matematika SDN CILAKU.

References

Ahmadi Iif Khoiru, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sosial Khusus Untuk Mahassiswa STAIN Cirebon. Pagger Press

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aziz Wahab, Abdul. 2011. Metode dan Model-Model Menagajar Ilmu pengetahuan sosial. Alfabeta: Bandung.

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. 2005. SBM (strategi Belajar Mengajar). Bandung: Pustaka Setia.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati, Dan Mudjiono. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta. Dahlan. 1990. Model-Model Mengajar. Bandung: Cv Diponogoro.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno dan Lamatenggo Sanjaya Wina, 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nina. 2010. Teknologi komunikasi dan informasi. Jakarata: Bumi Aksara.

Hamid, Sholeh 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press

Hamzah B. Uno. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sanjaya Wina, 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Aris Shoimin, 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar- Ruzz Med.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Uvia Nursehah, Aris, I. E., & Khairunnisa Rakhmah. (2022). The Effect of Picture and Picture Model on Mathematics Learning SDN Cilaku. Jurnal Primagraha, 2(02), 81-86. https://doi.org/10.59605/jp.v2i02.527