THE INFLUENCE OF THE INTEGRATED APPROACH ON STUDENTS' READING ABILITY IN LESSONS INDONESIAN SERANG CITY

Authors

  • Ari Gunardi
  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • Nahriyah Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/jp.v3i1.414

Keywords:

Integrative Reading Comprehension Ability Indonesian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa dengan pendekatan integratif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Cilaku Kota Serang Banten. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Cilaku Kota Serang tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 81 siswa. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analysis yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistic diferensial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan pengolahan hasil penelitian berupa pretest dan posttest pada kedua kelas eksperimen, diperoleh hasil nilai sig (2 taild) < 0,05 dimana kelas eksperimen kelas A dan B memiliki nilai 0.00 < 0,05 menggunakan 2 arah one independent sempel test, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman siswa dengan pendekatan integratif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Cilaku Kota Serang Banten.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Aminuddin. (2010). Menulis dan Mementaskan Drama. Trans Mandiri Abadi.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.

Depdikbud. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Fajar Rachmawati. (2008). Dunia di Balik Kata (Pintar Membaca). Grtra Aji Parama.

Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Impelementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Rajawali Pers.

Liyana Susanti 1, Nasirotul Awaliyah 2 , Suhartono3, S. (2016). Pendekatan Integratif Dan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas Iv Sd. 4(1), 1–23.

Mulyaningtyas, F. (2019). Pendekatan Integratif Eksternal Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peristiwa Alam Daerah Jawa Timur Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/28704.

Nanang Martono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisa isis dan Analisis data sekunder. Raja Grafindo Persada.

Rahim Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. PT Bumi Aksara.

Samsu Somadayo, ebel. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-07-26

Issue

Section

Articles