THE INFLUENCE OF THE INDEX CARD MATCH LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING MOTIVATION
DOI:
https://doi.org/10.59605/jp.v3i1.413Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur, salah satu penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji Penelitian-penelitian Pendidikan, kajian buku-buku dan jurnal-jurnal pendidikan. Berdasarkan penelitian, hasilnya adalah model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena Index Card Match adalah salah satu model pembelajaran yang menyenangkan. Hasil dari penelitian ini adalah penelitian ini menggunakan metode studi literatur, berdasarkan peneliti terdahulu yang menggunakan metode penelitian eksperimen maupun penelitian tindakan kelas (PTK), menyatakan bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dan memberikan pengaruh positif bagi peserta didik.
References
Ariani, Sri dan Setianingsih, T. (2018). No TitleThe Effectiveness Of Using Index Card Match In Teaching Vocabulary. Journal of English Language Teaching. Journal of English Language Teaching, 05(02).
Asmanidar. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Melalui Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Index Card Match Siswa Kelas VI. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran)., Volume 4 N.
Bastiah. (2012). Penerapan Metode Indeks Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Min Sei Apit Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Choir, Jihan, A. (2018). Pengaruh Strategi Index Card Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas Iv Sdit Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung.
Dahar, Wilis, R. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga.
Damanik, Ayu, G. (2019). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPA di SD Swasta Islam Terpadu Al- Ihya Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara T.A 2018/2019.
Diantama, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Rahmat.
Djumali. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Pembelajaran IPS Kelas Viii B Smp Negeri 2 Sawit Boyolali. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.
Fua, La, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 3. 36.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research Kajian Filosofis, Proses dan Hasil Penelitian. Literasi Nusantara.
Hanim, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Biotik, Vol. 5, 141–148.
Hartina, Wahyu, A. (2018). Perbedaan Model Pembelajaran Make A Match Dan Index Card Match Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 Sd Yang Ditinjau Dari Hasil Belajarnya. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), Vol. 2, 333–344.
Hasan, F. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Kholisotin, L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IV Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Min Pahandut Palangka Raya. Anterior Jurnal, Vol. 15(No. 2).
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Persepektif Guru dan Siswa. PT. Remaja Rosdakarya.
Maleni. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match Di Kelas IV Mis Al-Hidayah Naga Kisar Tahun Ajaran 2016/2017.
Muniroh, Anjumil, Nurul, S. (2018). Implementasi Strategi Index Card Match Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas VII B MTs. Assalafiyyah Mlangi.
Nazariah, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pelajaran IPS Kelas V. Journal of Education, Vol. 3(No. 2).
Nureva, C. N. T. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Gunung Terang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, Vol. 2(57–60).
Nurwenda, W., Ningrum, E., & Yani, A. (2016). Kompetensi Pedagogik Guru Geografi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Se-Kabupaten Bandung (Pada Kompetensi Inti Guru dalam Menyelenggarakan Pembelajaran yang Mendidik). Antologi Geografi, 4(1), 1–12.
Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memcahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Tatang. (20012). Ilmu Pendidikan. CV. Pustaka Setia.
Uno. B. Hamzah. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Uyoh, S. (2007). Pedagogik. Cipta Utama.
Wahyusari, A. (2012). Penggunaan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas Iv Di Mi Muhammadiyah Basin Tahun Pelajaran 2012/2013. In Jurnal Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.