ABSTRAK Penelitian ini untuk membuktikan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas 11 SMA Stella Maris BSD, Ingin membuktikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancas

ABSTRAK Penelitian ini untuk membuktikan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas 11 SMA Stella Maris BSD, Ingin membuktikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancas

Authors

  • Guruh Untung Laksana STKIP Pelita Pratama Serang
  • Paulus Andi Setiawan STKIP Pelita Pratama Serang

Keywords:

Motivasi, Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini untuk membuktikan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas 11 SMA Stella Maris BSD, Ingin membuktikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa SMA Stella Maris BSD. Penelitan ini diharapkan sebagi sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan teori-teori motivasi dan prestasi belajar yang telah ada. Penelitian ini Ingin membuktikan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar PPKn siswa kelas 11 SMA Stella Maris BSD. Penelitian ini penelitian survei di SMA Stella Maris BSD tahun pelajaran 2019/2020. Populasi berjumlah 73 orang siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara penyebaran angket dan kuisioner. Analisis data dengan metode statistik diskriptif ,uji validitas,uji realibitas,dan analisa regresi ganda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Oktober 2019. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh motivasi (X1) terhadap prestasi belajar PPKn (Y) siswa kelas 11 SMA Stella Maris BSD, dibuktikan dengan perhitungan regresi yang menunjukkan dengan perolehan nilai Sig= 0,040

< 0,05 dan nilai thitung= 2,091 yang berarti terdapat pengaruh yang signiffikan variabel bebas X1 (motivasi) terhadap variabel terikat Y( prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Saran penulis dalam peneliti an  ini:

1) Hendaknya para guru, senantiasa mengarahkan dan memotivasi siswanya agar mereka mempunyai motivasi belajar yang tinggi dan agar guru serta orang tua  bisa memberikan bimbingan dan arahan sesuai yang dibutuhkan oleh siswa/putranya, sehingga siswa/putranya bisa belajar, berprestasi  dan berkompetisi untuk meraih kesuksesan yang setinggi-tingginya.  2)Hendaknya para pengelola lembaga pendidikan, serta para orang tua senantiasa memberi motivasi kepada siswanya/putranya agar mereka mempunyai semangat belajar, berprestasi dan berkompetisi untuk meraih kesuksesan yang setinggi-tingginya. 3) Semoga hasil penelitian yang sangat sederhana ini bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya di pendidikan menengah, dan bisa dijadikan referensi yang berharga bagi penelitian yang lebih lanjut tentang pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa secara umum.

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

ABSTRAK Penelitian ini untuk membuktikan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas 11 SMA Stella Maris BSD, Ingin membuktikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancas: ABSTRAK Penelitian ini untuk membuktikan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas 11 SMA Stella Maris BSD, Ingin membuktikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancas. (2020). Jurnal Pelita Bumi Pertiwi, 1(01), 32-38. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpbp/article/view/27

Similar Articles

11-20 of 28

You may also start an advanced similarity search for this article.