Implementasi Pembelajaran PJOK Selama Pandemi Covid-19 di SD Negeri se-Kecamatan Jaten Tahun Akademik 2020/2021

Authors

  • Arifa An Nisa Syafara Universitas Sebelas Maret
  • Deddy Whinata Kardiyanto Universitas Sebelas Maret
  • Sudarmono SMP Negeri 4 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59605/zn5w1685

Keywords:

Pembelajaran PJOK, Kegiatan Mengajar, Pandemi COVID-19

Abstract

Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan kegiatan mengajar mata pelajaran PJOK pada masa pandemi COVID-19 di SD Negeri se-Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 29 responden yang terdiri dari 29 guru di 29 SD Negeri se-Kecamatan Jaten. Teknik pengambilan subjek penelitian dengan probability sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan mengajar secara keseluruhan dikategorikan sangat baik. Hal tersebut ditunjukkan pada faktor perencanaan pembelajaran mempunyai rata-rata sebesar 3,578 dan dikategorikan sangat baik, faktor pelaksanaan pembelajaran mempunyai rata-rata sebesar 3,51 dan dikategorikan sangat baik, faktor penilaian dan evaluasi pembelajaran mempunyai rata-rata sebesar 3,241 dan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan mengajar secara keseluruhan dengan ketiga faktor diatas yang dilaksanakan di 29 SD Negeri se-Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah masa pandemi COVID-19 tahun ajaran 2020/2021 mempunyai rata-rata sebesar 3,425 dan dikategorikan sangat baik.

jpik

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Pembelajaran PJOK Selama Pandemi Covid-19 di SD Negeri se-Kecamatan Jaten Tahun Akademik 2020/2021. (2023). Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan, 3(2), 165-180. https://doi.org/10.59605/zn5w1685