UPAYA MENINGKATKAN MUTU PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN PEMAHAMAN KURIKULUM NASIONAL DI SDN PANANCANGAN 4 KECAMTAN CIPOCOK JAYA KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Hayanah SDN Panancangan 4

Keywords:

Mutu Proses Belajar Mengajar, Pemahaman Kurikulum Nasional.

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru senantiasa berupaya bahwa materi ajar agar mudah dimengerti oleh siswa, proses penalaran deduktif untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa. Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang dampak dari upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru kelas I dan IV di SD Negeri Panancangan 4 Kecamatan Cipocok JayaKota Serang. Orientasi  dari   pembinaan  kepala  sekolah  ini diarahkan pada peningkatan kinerja guru yang meliputi: pertumbuhan keilmuan, wawasan berpikir, sikap terhadap pekerjaan dan keterampilan guru dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini adalah untuk menggambarkan/mendeskripsikan upaya yang dilakukan Kepala Sekolah sebagai pembina pendidikan di lingkungan sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, terutama guru kelas I dan IV di SD Negeri Panancangan 4 Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang. Penelitian ini juga yang dilakukan dalam tiga siklus menunjukkan bahwa proses pemebelajaran dengan pemehaman kurikulum Nasional memiliki dampak yang amat positif terhadap siswa yang rendah, serta meningkatnya Kinerja Gurunya. (Nur, 1996: 2). Hasil penelitian dapat tergambarkan berdasarkan data pencapaian target kurikulum, rata-rata nilai ulangan umum, dan taraf serap kurikulum pada Semester I dan Semester II di SD Negeri Panancangan 4 menunjukkan hasil yang terus meningkat.

 

 

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN MUTU PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN PEMAHAMAN KURIKULUM NASIONAL DI SDN PANANCANGAN 4 KECAMTAN CIPOCOK JAYA KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(01), 28-35. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/99