PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MENGGUNAKAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SD NEGERI PANANCANGAN 2 KOTA SERANG

Authors

  • Euis Sri Hartati SD Negeri Panancangan 2

Keywords:

Kontekstual menggunakan CD interaktif, hasil belajar.

Abstract

Mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar merupakan pelajaran yang tersusun secara sistematis, komprehensif dan terpadu. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran    harus dilaksanakan dengan menggunakan bantuan media pembelajaran. Sedangkan penyampaian guru hanya bersifat verbalisme tanpa pengertian yang konkret. Hasil pengamatan pembelajaran IPS di kelas V SDN Panancangan 2  Kota  Serang  menunjukkan  bahwa  kualitas  pembelajaran IPS sebagai berikut, guru belum menggunakan media saat menyampaikan materi, belum terbiasanya menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. Guna meningkatkan   pembelajaran   di kelas tersebut peneliti menerapkan model CTL menggunakan CD interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar, serta hasil belajar IPS  siswa  kelas  V  Sekolah Dasar Negeri Panancangan 2  Kota  Serang melalui model CTL dengan menggunakan CD interaktif. Penelitian ini menggunakan rancangan  peneltian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu  perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Panancangan 2 Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru siklus I rata-rata 2.87 kategri baik, pada siklus II rata-rata 3.88 kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa belajar rata-rata 2.83 kategori baik, pada siklus II rata-rata 3.64 kategori baik sekali. (3) Ketuntasan belajar klasikal dari 28 siswa pada siklus I sebanyak 22 anak (78.57%), dan meningkat pada siklus II sebanyak 25 anak (89.19%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL menggunakan CD interaktif dapat meningkatkan pembelajaran IPS meliputi keterampilan  guru,  aktivitas  siswa  dan  hasil  belajar  siswa  SDN Panancangan 2 Kota  Serang.  

 

 

 

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MENGGUNAKAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SD NEGERI PANANCANGAN 2 KOTA SERANG. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(01), 16-27. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/98