PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS IV SDI Al HIDAYAH KEC. RAJEG TANGGERANG

Authors

  • Siti Nurfitriyah STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Numbered Heads Together (NHT)

Abstract

Ketidaktarikan siswa dalam memahami materi perkembangan tknologi komunikasi karena siswa menganggap bahwa mata pelajaran IPS adalah mata pelajaran yang banyak menggunakan system membaca, hafalan, dan tulisan, sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Hal ini disebbkan karena guru kurang mampu memilih metode yng baik terhadap materi pelajaran, sehingga siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah  Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS perkembangan teknologi komunikasi dikelas IV SD Islam Al Hidayahb dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT). Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata pada tiap siklusnya, pada siklus I mencapai (45,31), pada siklus II (69,68), dan siklus III Mencapai (86,25) . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapakan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pun menjadi meningkat.

Downloads

Published

2021-02-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS IV SDI Al HIDAYAH KEC. RAJEG TANGGERANG. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 1(02), 53-58. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/71