PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V di SDN CIPOCOK JAYA 2

Authors

  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • Ninik Rahayu STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Model Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berbicara Siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi wawancara dengan menggunakan model pembelajaran role playing. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cipocok Jaya 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs (nondesigns), dengan jumlah responden 39. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan dihasilkan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 36,026. Sedangkan pada posttest yang sudah diberi perlakuan memiliki rata-rata yaitu 79,082. Hasil perhitungan data menggunakan software SPSS versi 16 for windows menunjukan bahwa nilai Sig = 0,000 < 0,05 ini berarti nilai     lebih besar dari 0,05 menunjukan bahwa hipotesis diterima, karena model pembelajaran role playing memberikan pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Published

2021-02-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V di SDN CIPOCOK JAYA 2. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 1(02), 40-45. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/69