MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV DI SDN UNYUR
Keywords:
Model Pembelajaran Mind Mapping, Pembelajaran IPS, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Unyur dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model mind mapping. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Menggunakan dua siklus, terdiri dari beberapa tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dilihat dari hasil belajar siswa pada prasiklus 34,3% dengan kriteria hasil belajar siswa masih kurang mencapai KKM, kemudian meningkat pada siklus I 78,1% dengan kriteria hasil belajar belum semua siswa mencapai nilai KKM, pada siklus II meningkat 93,75% rata-rata hasil belajar siswa sudah mencapai KKM. Nilai rata-rata pada prasiklus 60,6 pada siklus I 73.9 dan pada siklus II 78.5. Ini membuktikan bahwa model pembelajaran mind mapping meningkat hasil belajar siswa.