PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN POKOK BAHASAN BERMAIN DI LINGKUNGANKU MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN BEBERAN KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG

Authors

  • Ari Gunardi STKIP Pelita Pratama
  • Helina Septiani Achmad STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Permainan kartu bergambar, kemampuan membaca

Abstract

Dengan melihat hasil pengamatan pembelajaran Bahasa Indonesia pratindakan, kemampuan membaca siswa masuk dalam katagori kurang masih jauh dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 68, hal ini disebabkan karena guru dalam menyampaikan materi pembelajaran hanya menggunakan ceramah saja, sehingga siswa kurang tertarik dengan materi yang disampaikan guru. Dengan bantuan media pembelajaranya itu kartu bergambar diharapkan penelitian ini dapat mencapai tujuan yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan Permainan kartu bergambar pada siswakelasI1 SD Negeri Beberan Kecamatan Taktakan Kota Serang Tahun Ajaran 2019-2020 dan untuk memperoleh peningkatan kemampuan membaca Bahasa Indonesia siswa kelasII SD.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif, subyek penelitian siswa kelas II SDN Beberan Kecamatan Taktakan Kota Serang dengan jumlah siswa 22 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi danpengamatan siswa dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Analisis data dilaksanakan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan dengan menggunakan kartu bergambar ada peningkatan kemampuan membaca siswa kelas II SDN Beberan Kecamatan Taktakan Kota Serang. Tes kemampuan siswa dalam membaca sambil bermain kartu gambar prasiklus 31,8% setelah siklus 72,7%, pada aktivitas siswa prasiklus 31,8% setelah siklus 86%, peningkatan pada aktivitas kelompok dalam bermain kartu bergambar disiklus II mencapai 82,8%. Dari hasil tersebut diatas bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dengan adanya kartu bergambar dan ceria dalam bermain kartu bergambar siswa lebih semangat lagi dalam belajarnya.

Downloads

Published

2021-02-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN POKOK BAHASAN BERMAIN DI LINGKUNGANKU MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN BEBERAN KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 1(02), 28-33. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/67