PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM KONTEKS ECOLITERACY DI SDN CIKANDE 3

Authors

  • Ghali Rachman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Pendidikan karakter, Peduli lingkungan, Ecoliteracy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara besar dengan tingkat penduduk yang cukup banyak. Berdasarkan jumlah tersebut, seharusnya Indonesia dapat cepat melakukan perkembangan. Jumlah penduduk yang banyak ini tidak berbanding lurus dengan kualitas sumber daya manusia yang baik. Contoh tersebut antara lain membuka lahan baru secara besar untuk dijadikan tempat tinggal, pembakaran hutan, dan pembuatan teluk reklamasi. Apabila hal tersebut terus dilakukan tanpa adanya tinjauan dan perbaikan terhadap lingkungan maka secara tidak langsung kerusakan ekosistem akan terjadi. Salah satu cara untuk mencegahnya yaitu memberikan pelajaran literasi ekologis (literacy) kepada anak sebagai generasi penerus yang diharapkan mampu menjadi agen perubahan, penyelemat pelestari lingkungan alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada. Pengumpulan data menggunakan dua teknik pengumpulan, yaitu studi observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan strategi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan dengan konsep ecoliteracy pada kegiatan pembelajaran peserta didik kelas IV di SDN Cikande 3 berkaitan erat dengan peran guru sebagai pendidik dan pengarah bagi peserta didik tentang membangun karakter kesadaran peduli lingkungan.

Downloads

Published

2021-02-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM KONTEKS ECOLITERACY DI SDN CIKANDE 3. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 1(02), 18-27. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/66