MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD PADA KONSEP SUMBER DAYA ALAM

Authors

  • Anhari Runiat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fitri Apriani Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Konstruktivisme

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada dilapangan yang menunjukkan adanya kegiatan pembelajaran yang cenderung hanya berpusat pada guru, sedangkan siswa hanya dijadikan objek dalam pembelajaran. Siswa tidak diberikan kesempatan dan kebebasan untuk berbuat, mencari tahu dan membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalamannya sendiri. Akibatnya siswa menjadi pasif, kurang semangat dalam belajar, kurang kreatif dan kurang pemahaman terhadap pembelajaran IPS sehingga hasil belajar yang mereka peroleh menjadi rendah.  Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penggunaan model pembelajaran konstruktivisme pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Caringin 3. Selain itu ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui konsep sumber daya alam pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme.  Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap konsep sumber daya alam. Hal ini terlihat dari hasil peningkatan siswa dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata pada prasiklus 53,00,  siklus I 69,00,  dan siklus II 82,00.

Downloads

Published

2021-02-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD PADA KONSEP SUMBER DAYA ALAM. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 1(02), 11-17. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/65