MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DI KELAS IV SDN UNYUR

Authors

  • Sastra Wijaya STKIP Pelita Pratama
  • Dinar Fatma Nurul Insani STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Minat Belajar, Media Audio Visual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalui media audio visual pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya di kelas IV SDN Unyur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Unyur tahun ajaran 2019/2020. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Unyur yang terdiri dari 32 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar angket, lembar observasi guru dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa pada siklus I sebesar 71,6% dan pada siklus II mencapai 86,2% terjadi peningkatan 14,6%. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa melalui media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN Unyur.

Downloads

Published

2021-02-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DI KELAS IV SDN UNYUR. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 1(02), 6-10. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/64