PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN UNYUR

Authors

  • Ika Evitasari Aris STKIP Pelita Pratama
  • Cika Kartikasari STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Media Audiovisual, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan media audiovisual pada mata pelajaran IPA di SDN Unyur. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan dua siklus, terdiri dari beberapa tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Unyur. Aktivitas siswa pada pra siklus 41% dengan kriteria kurang kemudian mengalami peningkatan sebesar 9% pada siklus I dengan persentase hasil belajar yaitu 50% dengan kriteria baik kemudian mengalami peningkatan lagi sebesar 31% pada siklus II dengan persentase hasil belajar yaitu 81% dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata pada prasiklus 57,7 siklus I 70 dan meningkat pada siklus II 79,5. Ini membuktikan bahwa media audiovisual dalam pembelajaran IPA dengan materi alat indera manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-02-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN UNYUR. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 1(02), 1-5. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/63