MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SDN GUNUNG PUTRI KECAMATAN BANJAR

Authors

  • Nunung Nuraeni

Keywords:

IPS, Model Role Playing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran yang masih didominasi oleh aktivitas guru (teacher centered), dimana guru berperan sebagai penyampai informasi dan siswa tidak banyak dilibatkan dalam aktivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas   dengan   serangkaian   langkah-langkah   mulai   dari   rencana, tindakan, observasi dan refleksi yang terdiri dari 2 siklus. Penggunaan Model Role Playing memungkinkan pembelajaran menjadi berpusat pada siswa (student centre) guru hanya membimbing dan mengarahkan. Hasil Penelitian menunjukan penggunaan Model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ditinjau dari perolehan rata-rata nilai hasil belajar setiap siklus. Rata-rata pra siklus memperoleh nilai 55,76, siklus I rata-rata nilai siswa 68,48 dan pada siklus II rata-rata nilai siswa 86,67. Nilai rata-rata tersebut menunjukan bahwa tingkat penguasaan materi yang telah disampaikan berada diatas 93,94%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Role Playing dalam pembelajaran IPS mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu penggunaan Model Role Playing dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SDN GUNUNG PUTRI KECAMATAN BANJAR. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(1), 1-12. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/380