PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SEMESTER 2 SISWA SD NEGERI PAGER BATU 1 TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Sukemi STKIP Pelita Pratama
  • Rinawati STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Latar belakang pendidikan orangtua, hasil belajar ilmu pengetahuan sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orangtua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Pager Batu satu Pandeglang Pada latar belakang pendidikan orangtua terdiri dari pendidikan formal yaitu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Perguruan Tinggi (S1), adapun penelitian ini mengambil sempel orang tua siswa yang tidak bersekolah. Pada hasil belajar siswa ditunjukkan dengan hasil belajar secara langsung setelah pelajaran selesai yang menggunakan sistem Kurikulum 2013 tapi lebih fokus terhadap pelajaran IPS dengan menggunakan konversi nilai skala 1-5. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri pager batu satu pandeglang pada semester dua. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 640 siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negri pager batu satu sebanyak 37 siswa dengan metode teknik  probability, sampling dengan sampling Sistematik. Teknik dan pengumpulan data: dokumentasi, observasi, dan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic. Dari hasil perhitungan di peroleh untuk nilai t hitung = 42,564 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, maka HO ditolak Ha diterima, maka ada pengaruh signifikan antar pendidikan orangtua siswa dengan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2020-12-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SEMESTER 2 SISWA SD NEGERI PAGER BATU 1 TAHUN AJARAN 2016/2017. (2020). Jurnal Pelita Calistung, 1(01), 49-58. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/38