MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE

Authors

  • Patra Aghtiar Rakhman
  • Siti Rokmanah Universitas Primagraha

Keywords:

Think-Talk-Write, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek yang dikombinasikan dengan strategi think-talk-write (TTW) dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek tanpa strategi think-talk-write (TTW) dan untuk mengetahui kualitas peningkatannya. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan mengacak kelas subjek untuk menentukan pembelajaran berbasis proyek dengan strategi think-talk-write (TTW) sebagai kelas eksperimen dan kelas yang mendapat pembelajaran berbasis proyek tanpa strategi think-talk-write (TTW) sebagai kelas kontrol. Pengujian data dilakukan dengan membandikngkan rata-rata dari masing-masing data yang diperoleh. Berdasarkan pengolahan data tersebut disimpulkan bahwa dari peningkatan kemampuan komunikasi siswa SMA dalam pembelajaran matematika materi program linear pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi TTW lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek tanpa strategi TTW. Kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis dari kelas eksperimen sebesar 0,42 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,27 dengan kategori rendah.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(1), 28-37. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/379