UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUNUNGCUPU 2

Authors

  • Nugraha Wijaya Kusuma

Keywords:

metode jigsaw, IPA, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Gunungcupu 2 Kecamatan Cimanuk. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Rancangan penelitian Sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan metode jigsaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan siswa   terhadap materi yang telah disampaikan guru. Peningkatan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA tersebut tergambar pada tindakan Siklus I mengalami peningkatan sebesar 5,00% yaitu dari 59,29 pada pra-tindakan menjadi 64,29 pada siklus I, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,57%, yaitu dari 64,29 dari siklus I menjadi 87,86 pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi siswa kelas IV SDN Gunungcupu 2 Kecamatan Cimanuk. 

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUNUNGCUPU 2. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(1), 66-80. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/378