MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN CADASARI 2

Authors

  • Nurul Komariah

Keywords:

Berpikir Kritis , Pendekatan Inkuiri, Pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari perolehan nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS konsep pengembangan teknologi transportasi. Pendekatan inkuiri yang memungkinkan siswa berpikir kritis  Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cadasari 2 yang berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IV SDN Cadasari 2  pada pembelajaran IPS,Pendekatan inkuri telah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS hal ini ditunjukan oleh kemampuan siswa dalam menemukan atau memecahkan masalah yang dihadapi. Ditinjau dari perolehan nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS konsep pengembangan teknologi transportasi terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini ditunjukan dengan grafik perolehan nilai rata-rata siswa yang terus naik dari pra siklus 57,24, siklus I 68,28, dan siklus II 86,90. Dapat disimpulkan berdasarkan perolehan hasil belajar pembelajran IPS, pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari nilai hasil belajar siswa kelas IV SDN Cadasari 2. 

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN CADASARI 2. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(1), 38-48. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/377