Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Mata Pelajaran Matematika Operasi Pengurangan Di Kelas IV SDN Baturanjang 1

Authors

  • Nana Suryana

Keywords:

Hasil Belajar, Realistic Mathematic Education, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditimbulkan dari model pembelajaran konvensional terutama metode ceramah yang terlalu dominan, seolah-olah guru itu satu-satunya narasumber yang serba bisa, maka hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika sangat rendah, nilai rata-rata ulangan harian siswa Kelas IV pada mata pelajaran matematika hanya 55 padahal KKM nya 65. Oleh karena itu, masalah yang diteliti adalah bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar yang akan turut mempengaruhi nilai prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali putaran. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SD Negeri Baturanjang 1 dan data yang diperoleh berupa hasil tes ulangan harian. Dari hasil analisis didapat bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan antara Pra Siklus, siklus I dan siklus II yaitu untuk Pra Siklus (55,48), siklus I (69,58), dan siklus II hasilnya (87,10).

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Mata Pelajaran Matematika Operasi Pengurangan Di Kelas IV SDN Baturanjang 1. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(1), 49-65. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/373