PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN PANDEGLANG 1

Authors

  • Tati Rochayati

Keywords:

Konsep Operasi Hitung, Bilangan Bulat, Model Pembelajaran Interaktif

Abstract

Sebagaimana yang telah diuraikan dalam bab IV tentang pelaksanaan penilitian dan pembahasan bahwa tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti dalam siklus II berupa penggunaan model pembelajaran interaktif telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri Pandeglang 1. Peningkatan prestasi belajar tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata tiap siklus yang mengalami kenaikan. Pada pembelajaran prasiklus, dari 30 siswa diperoleh rata-rata nilai untuk materi perkalian dan pembagian bilangan bulat adalah 57,33, siklus I mengalami kenaikan menjadi 62,67, dan pada siklus II kembali mengalami kenaikan nilai rata-rata menjadi 88,67. Kesimpulan berdasarkan data nyata melalui bukti pelaksanaan sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam bab II berbunyi: ”Peningkatan Hasil Belajar Siswa terhadap Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan Model Pembelataran Interaktif pada Siswa Kelas IV SDN Pandeglang 1”. Sehingga pada akhir kesimpulan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini terbukti, yaitu Adanya peningkatan hasil Hasil Belajar Siswa terhadap Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan Model Pembelataran Interaktif.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN PANDEGLANG 1. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(1), 81-92. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/372