PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR STUDI KUANTITATIF ASOSIATIF MATEMATIKA PECAHAN

Authors

Keywords:

kecerdasan emosi, prestasi belajar matematika pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif antara kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar matematika pecahan siswa kelas V-a  di SD Negeri Kedaleman IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif . Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-a di SD Negeri Kedaleman IV  yang berjumlah 32 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar matematika pecahan. Nilai koefisien determinasi (r2) yang diperoleh sebesar 0,701 yang menandakan bahwa faktor kecerdasan emosi memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 49 %, selebihnya 51%  dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil analisis regresi diperoleh nilai konstan sebesar 14.624, koefisien regresi untuk variabel kecerdasan emosi sebesar   0.684, sehingga diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 14.624 + 0.684 X.

Downloads

Published

2020-12-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR STUDI KUANTITATIF ASOSIATIF MATEMATIKA PECAHAN. (2020). Jurnal Pelita Calistung, 1(01), 39-43. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/36