PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA 2 SUBTEMA 1 KELAS 1 SDN CILAKU

Authors

  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • Ika Evitasari Aris Universitas Primagraha
  • Khairunnisa Rakhmah Universitas Primagraha

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran Picture and picture

Abstract

Model pembelajaran picture and picture merupakan suatu metode belajar yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Model ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Model pembelajaran hendaknya selalu menekankan aktifnya siswa setiap proses pembelajaran. Inovatif artinya setiap pembelajaran harus memberikan sesuatu yang baru, berbeda dan selalu menarik minat siswa. Kreatif artinya setiap pembelajaran harus menimbulkan minat kepada siswa untuk menghasilkan sesuatu atau dapat menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan metode, teknik atau cara yang dikuasai oleh siswa itu sendiri yang diperoleh dari proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  picture and picture terhadap hasil belajar  siswa pada materi Matematika Tema 2 Subtema 1 kelas 1 SDN CILAKU. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan menggunakan metode perbandingan. Untuk teknik pengolahan  data menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan Berdasarkan hasil perhitungan uji validitas dari 50 soal yang telah diuji cobakan dan dikonsultasikan dengan nilai rtabel, diperoleh 30 soal yang valid berada pada kisaran nilai rhitung 0,371 sampai 0,716. Analisis dengan menggunakan uji wilcoxon di peroleh hasil bahwa pada jenjang yang paling kecil sebesar 0 sedangkan nilai pada taraf signifikansi 5% dengan N = 15 sebesar 10. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  picture and picture baerpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar  siswa pada materi Matematika Tema 2 Subtema 1 kelas 1 SDN CILAKU

Downloads

Published

2022-08-20

Issue

Section

Articles