UPAYA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN MATERI PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT KELAS IV SDN BANJARNEGARA 1 SEMESTER 2 KECAMATAN PULOSARI TAHUN 2021

Authors

  • MISTUTI, S.Pd.SD SDN BANJARNEGARA 1

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif , Motivasi belajar, PKN

Abstract

Salah satu bidang garapan mata pelajaran PKn yang bertujuan untuk membekali peserta didik dengan melatih sikap kritis dan kreatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode yang difokuskan kepada situasi kelas, yang lebih dikenal dengan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan tujuan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model siklus belajar dapat membantu siswa dalam memahami dan menguasai suatu konsep (Herron dalam Dahar,1996), b) pada siklus II, ternyata ada peningkatan perolehan nilai dari siklus I. Hal ini terlihat dari naiknya nilai rata-rata dari 64,29 pada siklus1, menjadi 88,57 pada siklus 2. Karena itu peneliti mengambil kesimpulan bahwa semua tahapan dalam model siklus belajar telah tercapai dengan baik Selain aspek kognitif, pembelajaran model ini juga meningkatkan aspek afektif dan psikomotor. Aspek afektif dapat terlihat dari kemampuan kerja sama yang meningkat ketika diadakan diskusi kelompok. Selain itu, siswa dapat menghargai pendapat orang lain ketika orang lain mengutarakan pendapat. Sedangkan dalam aspek psikomotor, khususnya dalam pembelajaran pecahan, siswa dapat melipat kertas dengan berbagai model sesuai dengan nilai pecahan yang dimaksud. Juga dapat menggambarkan ilustrasi pecahan dalam sebuah gambar.

 

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN MATERI PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT KELAS IV SDN BANJARNEGARA 1 SEMESTER 2 KECAMATAN PULOSARI TAHUN 2021. (2022). Jurnal Pelita Calistung, 3(01), 101-113. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/218