UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG SIMETRI LIPAT BANGUN DATAR MELALUI METODE INKUIRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN TANAGARA KECAMATAN CADASARI TAHUN 2020

Authors

  • Hj. N Elah Nurlaelah, S.Pd SDN Tanagara

Keywords:

Simetri Lipat Bangun Datar , Metode Inkuiri.

Abstract

Metode yang digunakan oleh setiap guru beraneka ragam, salah satunya adalah metode penemuan/inkuiri terhadap pelajaran atau materi yang di pelajari untuk menambah dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan yaitu: (1) Rencana Perbaikan, (2) Pelaksanaan Perbaikan, (3) Pengumpulan Data, (4) Refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Tanagara Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang, dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian pada sebelum siklus menunjukkan siswa masih belum menguasai materi terutama dalam menentukan simetri lipat bangun datar, dalam pengerjaannya pada siklus I pencapaian hasil ketuntasan 54,17%, pada siklus II mencapai ketuntasan 95,83% ini membuktikan bahwa setelah menggunakan metode inkuiri siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Dari hasil penelitian tersebut tampak jelas bahwa dengan menggunakan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar Matematika Siswa SDN Tanagara terutama dalam mengidentifikasi Simetri Lipat Bangun Datar

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG SIMETRI LIPAT BANGUN DATAR MELALUI METODE INKUIRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN TANAGARA KECAMATAN CADASARI TAHUN 2020. (2022). Jurnal Pelita Calistung, 3(01), 86-100. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/217