PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KOTA SERANG
Keywords:
Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran, Kemampuan Teknologi Informasi dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)Abstract
Belum meratanya kemampuan guru SD dalam menggunakan teknologi informasi pada proses pendidikan menjadi penyebab guru belum maksimal dalam mengelola proses pembelajaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan teknologi informasi terhadap efektivitas pengelolaan pembelajaran pada tingkat Sekolah Dasar di Kota Serang dengan menggunakan teori Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisa melalui program SPSS dengan jumlah sampel diambil sebanyak 89 guru SD di Kota Serang. Hasil uji signifikasi menunjukan kemampuan teknologi berpengaruh langsung dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan pembelajaran.