PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI KEBANYAKAN KECAMATAN SERANG KOTA SERANG

Authors

  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • Yuni Dwi Ristianingsih Universitas Primagraha

Keywords:

Media Diorama, Hasil Belajar, IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media diorama terhadap hasil belajar kognitif IPS materi kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V di SD Negeri Kebanyakan Kecamatan Serang Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk desain one-group pretest posttest design. Populasinya adalah siswa kelas V di SDN Kebanyakan Kecamatan Serang Kota Serang. Peneliti mengambil sampel kelas V berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel memakai sampel purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan perbandingan hasil pretes dan posttest yaitu kemampuan  pretest pada siswa dengan rata-rata hasil belajar 45,33 yaitu hanya 3 dari 15 siswa yang berhasil mecapai nilai KKM sedangkan kemampuan postest pada siswa dengan rata-rata hasil belajar 73 yaitu hanya 10 siswa dari 15 siswa yang telah berhasil mencapai nilai KKM. Teknik analisis data menggunakan uji “t” Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil pengujian uji “t” terhadap hasil belajar pretest dan postest diperoleh thitung = -4.99 sedangkan ttabel dengan df 28 pada taraf signifikan yaitu 0,000. Dengan demikian nilai signifikasi  0.000 < 0.05, yang berarti (Hi) dalam penelitian ini dinyatakan diterima, yaitu terdapat pengaruh media diorama terhadap hasil belajar kognitif IPS materi kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V di SD Negeri Kebanyakan Kecamatan Serang Kota Serang.

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI KEBANYAKAN KECAMATAN SERANG KOTA SERANG. (2022). Jurnal Pelita Calistung, 3(01), 29-40. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/210