PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV

Authors

  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • Dania Rizky Prasetya Universitas Primagraha

Keywords:

Cerita Bergambar, Menulis Karangan Narasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media cerita bergambar yang spesifik mengambil proses petani memanen teh dapat mempengaruhi kompetensi kemampuan menulis karangan narasi peserta didik di kelas IV SDN Suryodiningratan I. penelitian ini menarik untuk dilakukan melihat peserta didik di sekolah tersebut belum memiliki komptensi yang bagus dalam menulis karangan narasi. Kekurangan tingkat kemampuan menulis karangan narasi ini juga dipengaruhi minimnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran materi pelajaran Bahasa Indonesia. Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan model pengembangan Research & Development (R&D) yang konsepsikan oleh Borg & Hall. Metodologi ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk, yang dalam hal ini adalah media cerita bergambar, yang dikembangkan dalam penelitian. Pengertian metode ini juga merupakan strategi untuk memperbaiki suatu praktik pembelajaran, menemukan atau menciptakan produk baru yang memiliki keunggulan dalam hal efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media cerita bergambar dapat meningkatkan minat peserta didik dalam menulis karangan narasi. Hal ini terbukti dari respon peserta didik yang keseluruhan aspek penelitiannya menunjukkan 100% dan tidak ada yang merespon secara negatif. Sedangkan untuk uji kelayakan guru menunjukkan Sangat Baik denga skor 4.35, dan untuk peer reviewer juga Sangat Baik (SB) dengan skor 4.5.

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(02), 112-133. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/198