PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN SEKOLAH ISLAM TERPADU TERHADAP SIKAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS III (STUDI KASUS DI SDIT INSANTAMA CILEGON)

Authors

  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Rina Ahifsah Universitas Primagraha

Keywords:

Konsep Pendidikan sekolah islam terpadu, kedisiplinan peserta didik, dan SDIT Insantama Cilegon.

Abstract

Penelitian tentang penerapan konsep Pendidikan sekolah islam terpadu terhadap sikap kedisiplinan peserta didik ini pada awalnya di latar belakangi oleh rasa keprihatinan terhadap kedisiplinan siswa-siswi. Penulis melihat berbagai problematika yang dihadapi oleh siswa-siswi. Penulis menemukan sikap siswa-siswi yang kurang baik. Disinilah penulis meneliti penerapan konsep Pendidikan sekolah islam terpadu. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan data primer dengan mengambil 26 respondens dengan 4 aspek yaitu disiplin menegakkan aturan, disiplin waktu, disiplin sikap dan disiplin beribadah. Penulis melakukan uji data dengan menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan uji data dengan menggunakan SPSS versi 20 mendapatkan hasil sebagai berikut : Aspek yang pertama (Disiplin Waktu) pertanyaan yang dijawab positif sebesar 85% sedangkan yang negative 15%. Aspek yang kedua (Disiplin Menegakkan Aturan) pertanyaan yang dijawab positif sebesar 74% sedangkan yang negative sebesar 26%. Aspek yang ketiga (Disiplin Sikap) pertanyaan yang dijawab positif sebesar 100% sedangkan yang negative 0%, Aspek yang keempat (Disiplin Beribadah) pertanyaan yang dijawab positif 86% sedangkan yang negative sebesar 16%. Hasil tersebut tergambar jeals bahwasanya konsep Pendidikan sekolah islam terpadu terhadap sikap kedisiplinan siswa berpengaruh positif dengan dibuktikan prosentasi positif yang besar.

 

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN SEKOLAH ISLAM TERPADU TERHADAP SIKAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS III (STUDI KASUS DI SDIT INSANTAMA CILEGON). (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(02), 85-105. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/196