PENERAPAN PROJECT CITIZEN BERBANTUAN JURNAL DIALOG DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD
Keywords:
model project citizen, jurnal dialog, keterampilan menulis teks eksposisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan yang signifikan pada keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan berbentuk nonequivalent control group design, melibatkan dua kelompok; kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas lima di salah satu sekolah dasar negeri yang terdapat di kota Bandung. Jumlah sampel yaitu sebanyak 46 siswa, terbagi dalam 23 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol. Penelitian dilakukan selama 32 hari, sejak 2 april hingga 4 mei 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas eksperimen yang diberi model project citizen berbantuan jurnal dialog dengan kelas kontrol yang diberi model pembelajaran terlangsung. Model project citizen berbantuan jurnal dialog dapat dijadikan salah satu modus untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa sekolah dasar.