MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN GUNUNG SARI 3 KECAMATAN GUNUNG SARI

Authors

  • Ika Evitasari Aris Universitas Primagraha
  • Siti Hindun Universitas Primagraha

Keywords:

Hasil belajar siswa, pembelajaran IPA, model problem based learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model problem based learning (PBL) pada materi ekosistem kelass Vdi SDN Gunung Sari 3 Kecamatan Gunung Sari.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini di laksanakan sebanyak 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah Tes, obsevasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis  data yang di gunakan yaitu  Model analisis kualitatif . Berdasarkan  hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA setelah di adakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) hal itu dapat di tunjukan dengan meningkatnya hasil belajar IPA siswa dari sebelum dan sesudah tindakan pada pra siklus di proleh rata-rata kelas 54,5% (kata gori hasil belajar rendah) siklus I menjadi 74,7% (kategori hasil belajar cukup) dan siklus II  di proleh rata-rata kelas 80,1% (kategori hasil belajar tinggi). Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN gunung sari 3 kecamatan gunung sari.

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN GUNUNG SARI 3 KECAMATAN GUNUNG SARI. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(02), 36-44. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/192