MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN GUNUNG SARI 3 KECAMATAN GUNUNG SARI
Keywords:
Hasil belajar siswa, pembelajaran IPA, model problem based learning (PBL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model problem based learning (PBL) pada materi ekosistem kelass Vdi SDN Gunung Sari 3 Kecamatan Gunung Sari.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini di laksanakan sebanyak 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah Tes, obsevasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang di gunakan yaitu Model analisis kualitatif . Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA setelah di adakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) hal itu dapat di tunjukan dengan meningkatnya hasil belajar IPA siswa dari sebelum dan sesudah tindakan pada pra siklus di proleh rata-rata kelas 54,5% (kata gori hasil belajar rendah) siklus I menjadi 74,7% (kategori hasil belajar cukup) dan siklus II di proleh rata-rata kelas 80,1% (kategori hasil belajar tinggi). Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN gunung sari 3 kecamatan gunung sari.