UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BUKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMK NEGERI 5 KOTA SERANG
Keywords:
Kompetensi Guru, Supervisi Akademik, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Abstract
Tujuan utama dari penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk membantu meningkatkan kompetensi paedagogik guru guru di SMK Negeri 5 Kota Serang, yang tidak memiliki latar belakang pendidikan keguruan, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing- masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan sekolah, yang melibatkan 5 (lima) orang guru mata pelajaran di SMK Negeri 5 Kota Serang dengan latar belakang pendidikannya bukan dari keguruan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila minimal terdapat 85 % guru tergolong sangat baik dan baik dalam aspek penilaian menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah tersesusunnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah memenuhi ketentuan sesuai dengan kriteria acuan dan pedoman penyusunan RPP yang operasional. Dari analisis diperoleh bahwa dengan dilakukannya supervisi akademik berkelanjutan terjadi peningkatan kesiapan dan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik yang berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP pada guru-guru SMK Negeri 5 Kota Serang yang berlatar belakang pendidikannya bukan dari keguruan.
Downloads
Published
2021-12-20
Issue
Section
Articles
How to Cite
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BUKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMK NEGERI 5 KOTA SERANG. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(02), 9-20. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/190