PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN BANJARSARI 2 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Dika Cahya Safitri Universitas Primagraha

Keywords:

hasil belajar, metode ekperimen , mata pelajaran IPA

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan metode eksperimen berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA SDNN BANJARSARI 2 hasil belajar kognitif. Pada proses pembelajaran dengan metode eksperimen, siswa dilibatkan secara aktif dengan mengamati sendiri sesuatu yang dipelajari, mengikuti suatu proses, serta mengamati objek atau fenomena. Pengaruh positif pada aspek kognitif diperoleh dari nilai pretest dan posttest siswa. Rata-rata sebelum menggunakan metode eksperimen yaitu sebesar 65,55 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 45.55%. Setelah menggunakan metode eksperimen nilai rata-rata meningkat menjadi 91,11 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 97,11%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pembelajaran sesudah menggunakan metode eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata pembelajaran sebelum menggunakan metode eksperimen

 

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN BANJARSARI 2 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2020/2021. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(01), 111-115. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/106