PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 PAMARAYAN

Authors

  • Ika Evitasari Aris STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Metode bermain peran, Motivasi, Pemahaman, Sistem ekskresi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan pemahaman siswa dengan metode bermain peran pada konsep sistem ekskresi.  Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen.  Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pamarayan tahun ajaran 2012/2013 dengan sampel penelitian kelas XI IPA 3 diambil secara random sampling.  Motivasi siswa diukur menggunakan angket.  Pemahaman siswa diukur menggunakan tes pilihan ganda.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata motivasi siswa sebesar 68,57 dengan kategori sangat tinggi.  Nilai rata-rata pemahaman siswa yaitu 68,28 dengan kategori cukup.  Data hasil penelitian selanjutnya diuji normalitas dan homogenitasnya, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan SPSS.  Berdasarkan hasil uji t pada motivasi diperoleh nilai sig. 0,000<0,05 yang berarti H0 ditolak, pada pemahaman nilai sig.0,000<0,05 yang berarti H0 ditolak.  Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap motivasi dan pemahaman siswa pada konsep sistem ekskresi di SMAN 1 Pamarayan.

 

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 PAMARAYAN. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(01). https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/103