PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SDIT ENTER KOTA SERANG

Authors

  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • RikaRahmadini Universitas Primagraha

Keywords:

Kreativitas siswa, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), Metode Drill and Practice.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) pra tindakan nilai rata rata siswa hanya 57,nilai ini masih dibawah kriteria ketuntasan mengajar (KKM) pada pembelajaran seni budaya dan prakarya yaitu 70.Hal ini disebabkan karna guru dalam menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah saja,sehingga siswa kurang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru.Apalagi untuk mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) tidak bisa hanya sekedar materi saja.Oleh karena itu dengan menggunakan bantuan metode pembelajaran adalah cara yang paling tepat.Metode pembelajaran yang paling tepat adalah metode pembelajaran Drill and Practice (latihan dan praktek) diharapkan bisa meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran.Tujuan dari penelitian adalah menerapkan penggunaan metode pembelajaran Drill and Practice pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas V SDIT ENTER Kota Serang.Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subyek penelitian siswa kelas V SDIT ENTER Kota Serang dengan jumlah 17 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi selama pembelajaran berlangsung.Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada masing masing siklus yang telah dilakukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Drill and Practice dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V SDIT ENTER Kota serang.Rata rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 57 meningkat menjadi 74 pada siklus I dan 80 pada siklus II.Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dengan menerapkan metode pembelajaran Drill and Practice dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa selama pembelajaran.Hal ini tampak dari peningkatan nilai rata rata kelas dan ketuntasan klasikal seperti yang dipaparkan di atas.Adanya inovasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sangat diperlukan sehingga dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa.Dengan adanya metode pembelajaran siswa menjadi aktif dan tertarik mengikuti pembelajaran.

 

 

 

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SDIT ENTER KOTA SERANG. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(01), 73-82. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/102