PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SDN SINGAPADU CURUG KOTA SERANG BANTEN TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Ika Evitasari Aris Universitas Primagraha
  • Umi Hanifah Universitas Primagraha

Keywords:

hasil belajar kognitif, pembelajaran IPA, media DIORAMA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media DIORAMA terhadap hasil belajar kognitif IPA materi ekosistem pada siswa kelas V SDN Singapadu Curug Kota Serang Banten tahun 2020-2021. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif, metode eksperimen dengan jenis pre-experimental design (non- design) .Bentuk yang diambil adalah one-goup pretest-posttest design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal serta observasi siswa dan guru.Populasi siswa yang diteliti dalam penilitian ini adalah sebanyak 20 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 8 orang dan jumlah siswa perempuan 12 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil pembelajaran kognitif IPA sebelum dilakukan perlakuan menggunakan media DIORAMA dan diuji dengan menggunakan pre-testnilai rata-ratanya adalah sebesar 38,30. Nilai ini termasuk kedalam kategori rendah dan mayoritas hasil belajar pre-test siswa ada pada kategori rendah yaitu sebesar 65% atau sebanyak 13 orang siswa.Ini dimungkinkan karena anak kurang tertarik dengan media gambar sederhana yang digunakan guru. Sedangkan setelah diberi perlakuan menggunakan media DIORAMA dan dilakukannya post-test dapat diketahui bahwa nilai rata-rata siswa berubah menjadi 65,95, dan ini termasuk kedalam kategori sedang. Nilai tertinggi sebesar 87,00 (kategori sangat tinggi). Dan nilai terendah sebesar 47,00 (kategori rendah). Mayoritas hasil belajar post-test siswa ada pada kategori sedang yaitu sebesar 55% atau sebanyak 11 orang siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki pengaruh dari penggunaan media DIORAMA terhadap hasil belajar kognitif IPA materi ekosistem pada siswa kelas V SDN Singapadu Curug Kota Serang Banten tahun 2020-2021 karena memiliki kenaikan nilai hasil belajar sebanyak 40%.

 

 

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SDN SINGAPADU CURUG KOTA SERANG BANTEN TAHUN AJARAN 2020/2021. (2021). Jurnal Pelita Calistung, 2(01), 56-72. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/101