Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Konsep Teknologi Transportasi pada Pembelajaran IPS Melalui Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukalaba 1 Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang)

-

Authors

  • Uvia Nursehah STKIP Pelita Pratama
  • Ida Mirna Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Contextual Teaching Learning (CTL), Hasil Belajar, Kreatifitas.

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa proses pembelajaran IPS, guru hanya berperan sebagai penyampai informasi, guru hanya menggunakan satu metode saja yaitu metode ceramah. Adapun yang menjadi rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah metode CTL dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam konsep teknologi transportasi pada pembelajaran IPS ? (2) Apakah metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep teknologi transportasi pada pembelajaran IPS ? Dengan tujuan penelitian antara lain : (1) Ingin mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS tentang konsep teknologi transportasi melalui metode CTL (2) Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep teknologi transportasi melalui metode CTL. Teori yang digunakan penelitian ini adalah  metode Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari (E. Mulyasa, M.Pd. 2009:102). Metodologi yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian tindakan kelas atau yang lebih dikenal dengan istilah PTK menurut Suharsimi Arikunto (2002:58) menjelaskan Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki / meningkatkan mutu praktik pembelajaran, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama tiga kali siklus, yaitu Siklus I, Siklus II dan Siklus III, yang terdiri dari empat tahapan yang lazim dilalui yaitu : perencanaan (planing), tindakan (acting),  pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa metode CTL dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS konsep teknologi transportasi, dengan perolehan nilai hasil observasi pada Siklus I skor 65 atau 54%, Siklus II skor  87 atau 72% dan Siklus III skor 108 atau 90%. Sedangkan perolehan hasil belajar siswa pada Pra Siklus dengan rata-rata nilai 53,67, Siklus I rata-rata nilai 60,33, Siklus II rata-rata nilai 76 dan Siklus III rata-rata nilai 86. Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode CTL dalam pembelajaran IPS di SDN Sukalaba I Kecamatan Gunung Sari terbukti dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada konsep teknologi transportasi.

Downloads

Published

2021-02-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Konsep Teknologi Transportasi pada Pembelajaran IPS Melalui Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukalaba 1 Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang): -. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 1(01). https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/59