HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS

-

Authors

  • Erlan Tresna Saputra STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Efikasi diri, motivasi belajar, hasil belajar IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan antara efikasi diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS baik secara terpisah dan simultan. Penelitian dilakukan pada siswa SDN Kananga 2 Kabupaten Pandeglang pada tahun 2016 dengan 30 sampel diambil dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara: (1) efikasi diri dengan hasil belajar IPS, (2) efikasi diri dengan hasil belajar IPS, (3) efikasi diri, motivasi belajar dengan Hasil Belajar IPS. Implikasinya hasil belajar IPS dapat ditingkatkan dengan memperbaiki efikasi diri, hasil belajar IPS dapat ditingkatkan dengan memperbaiki motivasi belajar dan hasil belajar IPS dapat ditingkatkan dengan memperbaiki efikasi diri dan motivasi belajar. Dalam kegiatan pembelajaran IPS guru hendaknya berusaha untuk membangkitkan motivasi belajar dan efikasi diri anak didiknya agar hasil belajar IPS meningkat. Untuk membangkitkan motivasi belajar dan efikasi diri,  maka guru harus mempunyai berbagai model, metode, atau teknik pembelajaran yang luas, sehingga dalam pembelajaran IPS tidak monoton dan menyenangkan bagi anak didik.

Downloads

Published

2021-02-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS: -. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 1(01). https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/58