UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS X SMAN 5 KABUPATEN TANGERANG

-

Authors

  • Hasrul Muftahid STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan Penelitin Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas X SMAN 5 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Kabupaten Tangerang di Kelas X Semester Genap Tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 35 terdiri dari laki-laki 14 orang dan perempuan 21 orang. Penelitian ini mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom action Research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat. Siswa kelas X MIPA. 5 SMAN Kabupaten Tangerang berjumlah 35 orang, dimana pada siklus I siswa yang tuntas 11 orang dengan persentase tuntas 31% dan siswa yang tidak tuntas 24 orang dengan persentase tidak tuntas 69%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 29 orang dengan persentase tuntas 83% dan siswa yang tidak tuntas 6 orang dengan persentase 17%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw hasil belajar siswa makin meningkat dari siklus ke siklus. Kesimpulannya adalah proses belajar mengajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMAN 5 Kabupaten Tangerang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2021-02-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS X SMAN 5 KABUPATEN TANGERANG: -. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 1(01). https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/54